lycaenidae_dsc01358.jpg

Euchrysops cnejus on Euphorbia milii. Duh! Susah amat sih namanya…

Si kecil mungil Euccne (disingkat aja ya biar gampang) ini adalah kupu-kupu Lycaenidae yang ternyata gak keberatan berkunjung ke tanaman eksotis Euphorbia (yang asalnya dari Madagascar) yang ada di rumah. Agen pollinator? Mungkin. Yang baru ketahuan selama ini baru lebah. Si mungil yang besarnya gak lebih besar dari bunga yang dikunjungi, tapi menyandang nama yang susah diingat manusia…😛 Si Euccne ini, bentuk ulatnya bersimbiosis dengan semut. Selain dapat perlindungan dari semut, konon kabarnya malah tinggal di sarang semut ikut menikmati apapun yang dibawa oleh semut. Tapi gak tau ya semutnya dapat apa… Anyway, saya cuma mau mengucapkan selamat datang buat Euccne (udah disingkat tetap aja gak ada artinya apa2). Hayo…tanam…tanam…. Biar yang berkunjung banyak 🙂

PS: pada postingan ini tanggal 13 Agustus 2008, jenis ini telah saya koreksi menjadi Chilades pandava. Tetap saja, nama yang tak mudah………