Buat yang lagi cari bahan untuk penelitian…. Daripada nyesel, kaget, atau pusing kaya kita-kita yang udah, mending dieksplore dulu….. Topik satu species, ya berarti mengupas satu jenis itu saja. Bisa dari natural history (kalau memang infonya belum ada), dinamika populasi, ekologi perilaku, dsb. Topik multi-species biasanya lebih ke suatu komunitas. Ini artinya yang dipelajari menyangkut keragaman, species richness, pola komunitas, dsb.
btflysp2.jpg

Mau tau lebih lanjut?

  1. Belajar satu species biasanya lebih mudah. Untungnya tinggal di Indonesia, rata-rata satwa yang ada pasti terancam oleh salah satu atau semua sebab ini, hilangnya habitat, perburuan, dan perdagangan. Cek aja, species itu terancam, punya status endemic, punya karakter tingkah laku yang menarik atau tidak. Kalau ya, silakan lanjut.
  2. Satu species juga biasanya lebih mudah untuk mencari info sudah seberapa jauh diteliti. Info bisa banyak atau sedikit tapi biasanya lebih terfokus. Cek aja di google scholar. Siapa aja yang sudah meneliti satwa ini. Kalau ada, bidang apa yang sudah diteliti dan di daerah mana yang belum. Jangan cari topic yang sama. Biar dikit, tapi harus ada bedanya dong. Paling bagus kalau satwa yang mau diteliti punya peran ekologi (ecosystem service). Soalnya, kita juga harus siap-siap menghadapi pertanyaan, “Buat apa sih susah-susah meneliti satwa ini?” Kecuali jika kita siap penelitian kita adalah ‘for the sake of science’.
  3. Kesulitan untuk satu species adalah bersiap menghadapi info yang minim. Apalagi kalau satwa yang diteliti jarang banget (rare), terancam, dan endemic pula. Untungnya ya kita bisa menjadi pioneer di bidang ini. Sebagai bahan pembahasan, cari info satwa lain yang punya natural history yang kurang lebih mirip.
  4. Cari info tentang multispecies biasanya harus punya kata kunci yang lebih terarah. Paling baik sih tentukan focus penelitiannya dulu. Biar beginipun biasanya bisa keluar ribuan informasi. Dan akhirnya bisa bingung juga mau nentuin yang mana. Ada baiknya diskusi dulu dengan orang yang mungkin lebih tahu. Persempit dengan melihat info yang up-to-date (misalnya 5 tahun terakhir).
  5. Ribuan informasi tentang komunitas atau multi-species bisa dianggap suatu keuntungan. Gak bakal kesusahan untuk mencari literature. Tiap habitat, lokasi, dan bahkan waktu yang berbeda biasanya berpengaruh ke struktur komunitas. Studi komparasi aja sudah bisa menjadi topic menarik.

Jadi, mau satu species atau multi-species?