Berurusan dengan riset, kadang-kadang membuat mahasiswa sering mengontak saya yang sayangnya kebanyakan lewat sms. Isinya, dari mulai metode survey, cara analisa, sampai buku statistik. Nah, jadi gimana caranya menerangkan lewat sms? Ya gak bisa… Padahal kalau mau usaha sedikit, ada begitu banyak informasi yang berkeliaran di dunia maya ini. Ketik beberapa key words yang tepat, search di google, lumayan tuh… Ini juga merupakan belajar cara cepat tanpa harus baca text book. Banyak universitas di luar negeri memasukkan silabus berikut materi kuliah di web. Kadang-kadang mereka juga menambahkan daftar paper terbaru atau yang berkaitan dengan materi kuliah sehingga kita bisa ikutan tahu apa trend yang berkembang di bidang tertentu.

Saya mencoba merangkum beberapa web site yang menarik dan sering saya pakai. Beberapa software ecology, termasuk beberapa yang free:

  • Wildlife ecology software links. Isinya kayanya sudah cukup lengkap dengan link ke software2 seperti untuk density estimation (DISTANCE, Transect), population dynamic (Mark, Presence), Home range estimator (Animal movement extension untuk Arc View).
  • Program Estimate. Ini program untuk community ecology seperti menghitung classic diversity index (Shannon-Weiner, Simpson), species richness estimator, similarity index, shared species, dsb. Daripada hitung manual, mending pake software ini. Tapi harap berhati-hati dengan format datanya.
  • Program Capture. Program untuk menghitung capture-recapture yang tinggal memasukkan data dan bisa langsung dirun di web.
  • Program Distance. Good program untuk estimasi kepadatan jika menggunakan metode line-transect dan point count. Jangan lupa untuk baca bukunya, “Introduction to distance sampling” supaya ngerti konsepnya. Buku terbitan pertamanya tahun 1993, sudah online. Software yang terbaru bahkan sudah mengintegrasikan peta, sehingga survey dapat direncanakan (berapa transek, berapa point, menghindari daerah yang sulit, dsb).
  • Program Monitor. Kalau program yang ini berurusan dengan statistical power, untuk menganalisa kemampuan program monitoring yang ada atau yang akan dibuat dalam mendeteksi perubahan dalam populasi. Agak njelimet dan perlu tahu konsep P value atau alpha dalam statistik.

Sementara untuk statistik sendiri, saya sebagai pengguna spss, kadang tinggal mengetik misalnya, multiple regression spss. Tinggal pilih sendiri mana yang cukup mudah untuk dimengerti. Kadang-kadang ada juga yang mencantumkan tampilan output dan interpretasinya. Belum lagi sekarang dengan adanya wikipedia, meskipun source nya harus tetap di cross-check. Berikut ini beberapa contoh website yang cukup menarik juga.

  • PA 765 Quantitative research. Ini termasuk website statistik yang paling sering saya kunjungi, soalnya cukup mudah dimengerti dan dilengkapi cara pengerjaan dengan spss berikut interpretasinya. Bagus untuk multivariate statistic seperti Factor analysis, Discriminant analysis, Logistic regression. Tapi ada juga Anovanya.
  • Diversity index. Ada banyak sekali website yang menerangkan diversity index dengan cukup mudah. Yang berikut ini adalah presentasi power point tentang index2 diversity termasuk species accumulation dan rarefaction berdasarkan Gotelli & Colwell (2001) yang sekarang jauh lebih banyak dipakai.
  • WCS Malaysia study design and data analysis. Bagus banget soalnya merangkum cukup banyak hal yang menyangkut pendekatan statistik terbaru dalam ekologi. Ada contoh soalnya juga.

Masih banyak sih situs-situs yang menarik. Mudah2an dapat membantu para mahasiswa, dosen, dan siapapun yang tertarik di bidang wildlife ecology research. Kunci mencarinya ya tinggal mengetik kata kunci yang tepat. So, para mahasiswa, jangan takut dan ragu untuk browsing. Kalau perlu, browsing dulu baru bertanya……. Eh, tapi masih boleh kok bertanya sama saya asal…..🙂

Powered by ScribeFire.