Ini dapat info dari MIQ yang rupanya ditulis oleh David Gauntlett, seorang Profesor Media & Communication, University of Westminster http://www.theory.org.uk/david/phdtips.htm

Berhubung belum survive phd, kayanya cukup layak untuk ditampilkan untuk mengingatkan kita-kita yang lagi sekolah master maupun phd (including ME!!!!) bahwa problemnya di mana-mana sama. Fully aware of piles of data but procrastination is unavoided. Gejalanya… sok sibuk tapi lebih banyak browsing internet termasuk bikin blog (seperti saya…), jalan-jalan, makan, nonton aneka dvd melulu, ikut meeting sana-sini yang kadang gak perlu atau bahkan lupa simpan data di mana. Apalagi kalau ambil ecological major yang biasanya masih harus menghadapi masalah lain yang timbul di lapangan misalnya surat ijin yang gak keluar juga, dana penelitian yang mepet, gak dapat field technician yang ngerti kita luar-dalam, plus..plus..plus… kalo ada masalah pribadi yang menambah carut marutnya mental state. Dan, saking banyaknya eh atau saking samanya problem bahkan sampai ada yang terlalu iseng bikin komik tentang ini http://www.phdcomics.com/comics/aboutcomics.html Anyway, berhubung masih berusaha untuk survive, rasanya gak perlu bicara lebih banyak deh apalagi masih ada life after phd…. OOOh.. scarry…!!!!