office.jpg

Gue punya kebiasaan membuat handy notebook yang biasanya gue bawa-bawa kalau tinggal untuk beberapa lama di luar kota atau di luar negeri. Cuma buku notes aja sih, tapi isinya disesuaikan dengan tujuan dan kepentingannya. Kalau di luar kota, isinya biasanya daftar alamat kantor yang harus dikunjungi, tugas-tugas, dan what-to-do-list. Kalau pergi haji, ya isinya doa-doa pendek dan titipan doa temen-temen. Kalau di luar negeri, yang biasanya berhubungan dengan sekolah, ya paling banyak isinya adalah daftar literatur yang musti dicari di library, yang musti dibaca. Juga things to remember kalau lagi diskusi sama advisor (maklum, suka lupa kalau dalam bahasa inggris).

Nah, starting from the last pages, biasanya catatan-catatan tambahan mulai dari doa shalat tahajjud, peta rute bis dari Victoria station ke Oxford street (plus haltenya), peta ke Art centernya Manchester. Jadi sebelum pergi, gue cek dulu di peta lokasinya, bikin sketsa peta secukupnya, cari info bis ke arah lokasi yang dituju, baru deh berangkat. Terakhir yang gue juga suka tulis di sini adalah resep-resep handy yang dapat dari mana-mana mulai dari resep dari rumah, yahoo food, atau dari acara teve. Lumayan juga, mulai dari sapo tahu, Vietnamese rice paper rolls, sampai marbled brownies.

So, ini kebiasaan yang cukup oke juga dengan fungsi macem-macem mulai dari karir, entertainment (people and myself), and spiritual. Bener-bener my handy guide to my daily life….🙂