Kebanyakan orang Indonesia mungkin sudah tahu tentang Alfred Russell Wallace yang terkenal dengan Wallace line-nya. Namun, di era tahun 1920-an, seorang naturalist Amerika juga mengarungi Asia untuk mencari tahu tentang pheasant dan kehidupannya. Apakah pheasant? Pheasant adalah kelompok burung-burung dari jenis Phasianidae yang menempati lantai hutan termasuk di antaranya ayam hutan dan merak. Perjalanan Beebe di Asia diawali dengan keinginan New York Zoological Park yang sekarang dikenal sebagai Bronx Zoo untuk membuat suatu monograf tentang kehidupan pheasant.

Beebe sendiri yang saat itu bekerja sebagai curator di NYZ Park dan berhasil mengembang-biakan pheasant, tentu saja terpilih untuk memimpin ekspedisi ini. Perjalanan yang tadinya diberi waktu 4 bulan tentu saja molor hingga 17 bulan. Namun Beebe sendiri beranggapan bahwa mengamati di alam berikut kondisi alami habitat jauh lebih berguna dibanding koleksi specimen. Menurut Beebe, ‘……but work in the field has nothing to do with dignity or with anything except patience, concentration, and eternal vigilance’.

‘Monograph of pheasant’ pada akhirnya selesai berupa 4 volume buku berukuran besar yang saat ini masih dapat dibeli di Amazon.com. Kontribusi Beebe dalam ornithology adalah temuan pola molting (luruhnya bulu) pada pheasant. Beebe menemukan bahwa pada kebanyakan pheasant, molting bulu ekor dimulai dari bulu ekor terluar hingga terdalam (sentripetal). Tentu saja dengan semakin majunya teknologi dan ditemukannya beberapa jenis pheasant pasca ekspedisi Beebe, deskripsi pola molting ini mengalami beberapa perbaikan.

William Beebe
Selain pada pheasant, ternyata Beebe juga tertarik pada Oceanography. Tahun 1934, Ia bersama Otis Barton melakukan ekspedisi bathymetry ke kedalaman 3028 feet di bawah permukaan laut dengan helm yang dibuatnya sendiri. So, jadi gak salah juga punya ketertarikan pada banyak bidang. Yang paling menonjol memang kekuatan Beebe dalam melakukan observasi, ketekunan, dan kesabarannya. Mau tau lebih banyak tentang Beebe, check this out! http://hometown.aol.com/chines6930/mw1/beebe1.htm