Who’s our closest neighbors? Gak usah jauh-jauh. Tengok aja di sekeliling rumah kita. Ada kehidupan lain di sekitar kita. Maksudnya sih bukan ‘alien’, tentu saja. Tetapi ada tumbuhan yang kita tanam berikut cacing, ulat, ulat yang menjadi kupu-kupu, dan burung yang mungkin mau memakan kupu-kupu. Singkatnya kita bertetangga dengan ‘urban wildlife’.

Buka-buka info tentang kupu-kupu, lebih menarik lagi. Kupu-kupu punya keterikatan pada tumbuhan untuk berbagai fungsi. Tumbuhan yang bunganya sering diminati kupu-kupu ternyata berbeda dengan tumbuhan yang menjadi tempatnya bertelur, bahkan sumber makanan semasa ulatnya. Jadi, kenapa gak coba menanam tumbuhan yang dapat menarik mahluk indah ini?

Ini Elymnias hypermnestra

Ini mungkin barang baru bagi telinga kita. Banyak orang mungkin tak pernah terpikir untuk mendatangkan kupu-kupu di halamannya. Padahal dengan ‘membiarkan’ kupu-kupu untuk singgah di halaman kita sudah berarti kita memberi kesempatan pada proses ekosistem lingkungan kita berjalan dengan alami. Let nature works! Kupu-kupu membantu penyerbukan bunga-bunga tertentu sehingga bunga-bunga dapat melakukan produktivitasnya secara alami. Bentuk larva (ulat) maupun dewasanya jadi makanan burung-burung liar sehingga proses kontrol biologi berlangsung terus menerus.

Jadi, siapa tetangga kita? Beberapa swallowtails seperti Papilio polytes, Papilio memnon, Papilio demoleus mungkin berminat kalau kita menjamu dengan menanam Citrus atau jeruk-jerukan. Jenis kupu-kupu ini berukuran besar dan biasanya punya corak yang menarik. Dari keluarga Nymphalidae yang kadang disebut juga fruit-eating butterflies diwakili oleh Lethe europa, Elymnias hypermnestra, atau Hypolimnas bolina. Dari keluarga Pieridae yang kebanyakan berwarna putih atau kuning diwakili oleh Leptosia nina, Appias libythea, atau Delias hyparete.

Selain jeruk-jerukan, semak Lantana, Aristolochia, Ixora (soka), serta tumbuhan seperti Michelia (cempaka) termasuk jenis tumbuhan yang sering diminati kupu-kupu. Jadi, sederhana kan? Kalau takut dengan ulatnya, tanam saja tumbuhan

A swallowtail in my garden

yang berbunga atau tanamlah jeruk-jerukan di belakang tumbuhan lain. But, why not let one or two live and you can still enjoy your garden plus entertaining your closest neighbors?